Kamis, 01 Agustus 2013

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDAS 2013-2014

  

Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Pendidikan Dasar periode 2013/2014 merupakan aplikasi pendataan yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. 

Alhamdulillah, Aplikasi Pendataan DAPODIKDAS Sudah launching tanggal 1 Oktober bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila.  Untuk mendapatkan aplikasi DAPODIKDAS 2013 dapat sobat unduh  DISINI  (Installer Dapodikdas v 2.0 (build 0210130120)). 

 " Ingat waktu penginstalan jangan menjalankan aplikasi lain, tunggu penginstalan DAPODIKDAS selesai terlebih dahulu, karena aplikasi DAPODIK yang sekarang sangat berbeda dengan versi sebelumnya "

Setelah penginstalan selesai klik  Registrasi sepeti pada gambar diatas. Kemudian isilah data dengan benar, pingin jelasnya seperti di bawah ini :



Untuk mendapatkan kode registrasi dapat menghubungi (Seksi Pengolahan Data Elektronik Kabupaten masing-masing) dengan membawa surat tugas penunjukkan operator DAPODIKDAS yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau menunggu Sosialisasi para Operator Sekolah Sekecamatan yang langsung akan di bina oleh pihak yang terkait.   
Setelah mendapatkan Kode Registrasi anda dapat mengunduh prefil sekolah anda DISINI


Pengenalan Aplikasi Dapodik 2013 Terbaru


Ada beberapa perubahan terjadi di aplikasi dapodik 2013 ini, antara lain:


Aplikasi Dapodik 2013 berbasis PHP-WEB, berbeda dengan versi 2012 yang menggunakan platform Adobe Air. Dengan basis web, aplikasi harus dibuka dengan peramban (browser) seperti Chrome, Mozilla, Opera, IE, dsb. Aplikasi tetap harus terinstall di computer namun untuk 2013 mendukung multi sekolah. Artinya, aplikasi 2013 bisa untuk beberapa sekolah dengan database tunggal. Pada aplikasi 2012 untuk dapat melakukan input data beberapa sekolah harus menggunakan/mengubah data ( backup-restore).


Aplikasi Dapodik 2013 menggunakan database RDBMS (Relational Database Management System) agar tingkat keamanan dan integritas lebih baik. Sedangkan pengiriman data menggunakan sistem sinkronisasi artinya data yang berubah saja yang terkirim. Hal ini untuk mempercepat pengolah data, yang pada versi 2012 masih menggunakan bundle file database lengkap. Selain itu saat terjadi perubahan data referensi di pusat bisa langsung merubah referensi data aplikasi di desktop.

Tampilan aplikasi dapodik 2013 juga ada perubahan. Untuk menu sarana dan prasarana terletak di berada tampilan awal bersama dengan menu beranda, sekolah, peserta didik, ptk, dan rombongan belajar. Untuk form sarana dan prasarana sendiri kini menjadi satu, dimana sarana menjadi isi dari prasarana. Ada tambahan lain, yaitu fasilitas penerapan kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013

Saran dari kami : 
Agar tidak terjadi kesalahan pengisian data  ke Server Dapodikdas , sebaiknya  pelajari terlebih dahulu acuan dan aturan yang berlaku pada Server Dapodikdas 2013, unduhlah petunjuk teknis pengisian data dibawah ini, mudah mudahan dapat membantu rekan Operatorterimakasih.

1. Unduh Formulir

2. Unduh Manual Aplikasi
3. Trick atau Cara Memasukan Data Prefill Dapodik 2013 ke Komputer

4. Fungsi dan Kegunaan Data Prefill pada Dapodikdas 2013

5. Hal-hal Penting dalam mengoperasikan Dapodikdas 2013

Untuk Sementara itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Aplikasi Pendataan Baru 2013-2014, kurang lebihnya mohon maaf.

Salam KKG Gugus 7 Bojongjuruh, Kec. Banjarsari - Lebak


Baca Juga Terkait Dengan :

    1 komentar: